Thursday, March 14, 2013

Palindrom

Pernah dengar tentang palindrom? Hmm, mungkin sering. Palindrom adalah istilah untuk suatu kata yang jika dibalik susunan hurufnya akan tetap sama atau susunannya seperti dicerminkan.

Contohnya:
BOB

atau

RACECAR

Nah, ternyata saya baru tahu kalau di Alquran juga ada palindrom. Di surat Al Muddassir ayat 3..

wa rabbakaffakabbir..
Dalam bahasa arab salah satu fungsi huruf "wau" adalah penanda dari awal sebuah kalimat jadi di ayat ini kata "wa" tidak termasuk substansi kalimat di ayat tsb (haduh,moga2 ga sotoy..cmiiw)

Jadi inti ayatnya adalah kata
rabbakaffakabbir

Jika diperhatikan, huruf awalnya adalah "ra" dan huruf akhirnya juga "ra". Huruf kedua "ba", huruf kedua dari belakang juga "ba". Huruf ketiga adalah "kaf", huruf ketiga dari belakang juga..dan huruf "fa" sebagai porosnya.

Yak, ini palindrom..
MasyaAllah...

2 comments:

  1. Saya ga tau apakah palindrom itu termasuk salah satu mukjizat dari Al Qur'an atau bukan, tapi saya pernah denger kalo Ali bin Abi Thalib ra. itu pernah bikin syair yang bisa dibaca dari depan dan dari belakang dengan dengan bunyi dan makna yang sama..dan cerita2 lain tentang syairnya orang2 Arab jaman dulu yang ga hanya indah secara bahasa tapi juga secara susunan.

    Jadi, kynya ini kalo bagi orang arab bukan hal yg "luar biasa"nya dari Al Qur'an deh..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho gitu,ya? Hmm, kalo waktu itu lintang dapet hal ini waktu ustadznya ngejelasin betapa pentingnya belajar bahasa arab dalam mempelajari dan merasakan mukzizat serta keindahan yang sebenarnya dari alquran

      Ya, tp setidaknya ini salah satu hal yang membuat lintang makin "tereksitasi" sama alquran..

      Delete