Thursday, March 7, 2013

Lelah


"sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanya untuk Allah..tuhan semesta alam"
ini adalah tentang bagaimana semuanya menjadi satu tema, yaitu.. untuk-Nya.

"alladziina yunfiquuna.."

yunfiquuna, bukan amwaluuna. yang diminta adalah menginfakkan. Menginfakkan yang tak hanya harta, tapi semua, segenap potensi dan daya yang dimiliki. Yang sekali lagi, untuk-Nya.

Begitu juga tentang lelah ini. Tak boleh sekedar hinggap dan menyedot banyak waktu untuk beristirahat. Lelah ini harus bernilai ibadah. Lelah yang mendatangkan berkah.

dan lelah-lelah itu adalah :

1. Lelah dalam Jihad .

“Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin jiwa dan harta mereka dengan jannah.” (Q.S. At-Taubah: 111)

2. Lelah dalam Dakwah.

”Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh dan berkata:”Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (QS. Fushilat: 33)

3. Lelah dalam ibadah dan amal shalih.
dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) kami, benar-benar akan Kami tunjukkan pada mereka jalan-jalan kami, dan sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang berbuat baik. (QS al-Ankabût : 69)

4. Lelah mencari Nafkah .
Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung” (QS. Al-Jum’ah : 9-10).
5. Lelah mengurus keluarga .
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa ang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (Qs. At-Tahrim [66]:6)

6. Lelah dalam belajar 

“Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani, karena kamu selalu mengajarkan al-Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya.” (Qs. Ali Imran: 79)
7. Lelah dan susah / sakit .

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 155)



semoga kita selalu bisa memberi alasan yang syar'i bagi setiap kelelahan kita agar tak tersia-siakan waktu kita..

aamiin ya Rabb
>.<

No comments:

Post a Comment