Monday, August 6, 2012

Penyejuk Mata (Part I)





Mata anda merah karena iritasi ringan ?
teteskan saja ins..
*ups
maaf-maaf, tulisan ini sebenarnya tidak ditujukan promosi obat tetes mata.




ingin sedikit bercerita, ada salah satu doa yang menjadi salah satu doa favorit saya, sebuah doa yang sangaaat indah dari Al Quran.



"Rabbana hab lanâ min azwâjinâ wa dzurriyyatinâ qurrata a’yunin waj-’alnâ lil-muttaqîna imâmâ."
 Artinya, Ya Tuhan kami, anugerahkan kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyejuk mata kami, dan jadikan kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.
 (QS. Al-Furqan: 74)

qurrata a'yunin...
Penyejuk mata. Dulu saya berpikir bahwa maksud dari frasa "penyejuk mata" itu adalah hal-hal yang nampak indah jika dipandang. Tapi ternyata setelah dipelajari tafsirnya lebih dalam, sangat jauuuuuh maknanya dari yang saya pikirkan selama ini.

Dalam bahasa arab, terdapat dua istilah yaitu "mata yang menjadi panas" dan "mata yang menjadi dingin".

Mata yang panas biasanya digunakan untuk mengekspresikan kesedihan dan kedukaan yang teramat sangat hingga mata menitikkan air mata,ya..air mata kesedihan.adkhanallahu ‘ainahu..menjadikan mata panas.
Sedangkan qurrata a'yun (mata yang dingin) dalam bahasa arab digunakan untuk mengekspresikan kondisi yang membahagiakan, sangat membahagiakan hingga mata menitikkan air mata, air mata kebahagiaan

Selain itu, ada hal lain tentang istilah qurrata a'yunin ini. Pada zaman dahulu, bangsa Arab sering melakukan perjalanan melintasi padang pasir mengendarai unta. Ketika melakukan perjalanan tersebut sering kali terjadi badai pasir yang sangat panas dan perih jika mengenai mata. Oleh karena itu para musafir yang mengalami hal ini sering mencari gua untuk berlindung dari badai pasir tersebut. Dan ketika mereka telah berada di dalam gua dan terlindung dari badai pasir tersebut mereka sering berkata“my eyes have finally become cool, “qorrata ‘ainayya”. hal ini untuk mengekspresikan rasa bahagia dan aman karena telah terlindung dari badai pasir tersebut.

Hmm, jadi ternyata dengan ayat di atas Allah mengajari kita agar berdoa meminta pasangan dan keturunan yang menyejukkan mata, yang membahagiakan kita hingga menitikkan air mata bahagia. Pasangan dan keturunan yang membahagiakan karena kesholehannya :')

Selain itu, kondisi di luar, entah itu ketika kita belajar, bekerja, dan melakukan muamalah lainnya pasti disertai beragam konflik dan masalah, layaknya tengah menghadapi badai. Dan ketika kembali ke rumah, tentunya kita berharap menemukan kedamaian, rasa aman, dan rasa tentram dari keluarga kita, pasangan kita dan keturunan kita.

itulah yang Allah maksud agar kita minta dalam doa di atas..
Qurrata a'yun..penyejuk mata.

Semoga di zaman sekarang ini, di zaman yang orang lain justru banyak mencari kebahagiaan di luar rumah dan merasa bahwa rumah dan keluarganya bagai neraka, Allah mengaruniakan pada kita keluarga yang mampu menjadi penyejuk mata kita..aamiin





 …and those who say:  O, our Master, grant us from our spouses and our children ‘the coolness of eyes’ and make us leaders over those who are righteous, pious, and fearful”. aameen :')





No comments:

Post a Comment