Sunday, September 9, 2012

Susah Payah



قَدْ خَلَقْنَا الْإِنسَانَ فِي كَبَدٍ
la qad khalaqna al insana fee kabad

We have certainly created man into hardship

Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam keadaan susah payah
(QS Al Balad : 4)




Kata "kabad" jika diterjemahkan memiliki arti : kuat, bekerja keras, perangkap yang banyak dan menyerang dari berbagai arah, perjuangan tiada akhir.


Ya, begitulah. manusia diciptakan dalam keadaan susah payah yang mengharuskan manusia untuk terus.


Apapun jalan yang kita pilih, kita akan selalu mengalami kesusahan dan kepayahan. Hanya saja, ada jalan yang berujung pada pahala dan ampunan Allah dan ada pula jalan yang berujung pada azab dan murka Allah. Orang yang lari dari segala perintah Allah mungkin merasa akan terbebas dari kesusahpayahan. Mereka tak menyadari, walaupun mereka telah lari dari kesusahan yang mereka pikir akan timbul jika mentaati perintah Allah, mereka akan tetap dibuat susah payah dan stres oleh masalah hidup yang lain. Begitulah, karena kesusahpayahan adalah sesuatu yang pasti dialami manusia.


"Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, karena manusia diciptakan (bersifat) lemah"
(QS An-nisa' : 28)


Kita memang diciptakan dalam keadaan susah payah namun Allah telah menciptakan aturan dan memberikan perintah-perintah-Nya tidak lain adalah untuk meringankan kehidupan kita dan pada akhirnya berujung pada keselamatan dan kebahagiaan bagi kita pula. MasyaAllah :)



Humans are never free from worry. The richest one is worried about their relationship with their family members, and it might not be worrying to you – but it is extremely worrying to them.
The worries in the world are contrasting and scaled in many ways. Some people might be worried that they will be tortured in the next few minutes like many Muslims in the secret prisons, whereas another worries about why their carpet and curtains don’t match.

Each person has their own form of enormous struggle in life. So why not strive for the greatest of good deeds which hold the greatest rewards? Because aren’t you going to struggle – no matter what – anyway? :)


"..Bekerja keras lagi kepayahan, mereka memasuki api yang sangat panas (neraka)" (QS Al Ghasiyah : 3-4)


Bagaimanapun, tanpa kita minta, kita akan selalu berada dalam kesusahan dan kepayahan. Tinggal kita memastikan, apakah kita tengan bersusah payah di jalan-Nya ataukah sebaliknya..







No comments:

Post a Comment