Friday, May 27, 2011

# HikmahyangBerserakan

Suami Saya Seorang Hafidz


Senja kian merona
Namun ronanya tak membuat langkahku melambat untuk sekedar menikmati kepergian sang mentari
Aku terus saja melaju berkejaran dengan waktu

Ah..untungnya dia masih berdiri di sana
Ya,lelaki itu masih berdiri di sana
Di ujung jalan setapak penuh kenangan, jalan setapak menuju salman..
Segera saja kumenghampirinya
Dengan masih sibuk mengatur nafas yang terengah akupun dengan tak sabar segera berkata padanya



"Bang, susu rasa mocca sebungkus ya"
"Dibungkus neng?"
"iya.." ,jawabku agak heran, kok masih nanya sih si abang, perasaan tadi emang udah bilang beli sebungkus bukan segelas.
" Pake es ya,bang. Tapi dikit aja.."
"ya iya atuh neng. Kalo ga pake es jadi UU atuh,atau kalo pake es-nya dikit bisa jadi SUU atau USU..hehe"

*udahgakpahamlagiamasiabang -_-"

"Wah neng, rasa mocca-nya habis euy, mau diganti aja?"
"oh..adanya rasa apa aja emang?" ,
"ada stroberi...ada leci...ada coklat..ada..."
"stroberi..stroberi aja deh..", haduh dua menit lagi adzan nih..
"agak cepet ya bang..mau adzan soalnya..", pintaku agak memelas.
"siap neng. eh neng, saya baru inget. Rasa mocca-nya ada,tapi belum dibuka bungkusnya, mau ganti aja atau tetep rasa stroberi?"
"haduh..tetep stroberi aja deh.."
"wah neng kurang teguh pendirian nih.."

*sabar..sabar..

"nah jadi deh, tinggal dikasih es..",ucap si abang sambil merogoh termos es.
"waduh..esnya abis neng..haduh-haduh gimana ya? Saya minta es dulu deh ke tukang es campur..", ucap sang kodok eh sang penjual es susu sambil berlalu menuju tukang es campur yang letaknya tak begitu jauh dari gerobak susu.
"eh..bang..bang..ga us..",

Allahu Akbar..Allahu Akbar...

kyaa..terlambat..langsung saja saya menyambar dan meminum sebotol air mineral yang ada di gerobak tukang teh botol yang ada di sebelah gerobak tukang susu (tapi udahnya dibayar kok).
Satu menit..dua menit..delapan menit berlalu,abang penjual es susu itu tak kunjung kembali. Jangan-jangan nyari es di kutub lagi nih si abang. Akhirnya karena sebentar lagi sholat berjama'ah dimulai aku letakkan saja uangnya di gerobak.

Seperti biasa aku melaksanakan sholat maghrib berjama'ah di masjid Salman. Seusai sholat aku berdo'a
Bismillahirahmanirrahim...

"ehh..kemana aja sih kok baru keliatan? hmm..dasar pengantin baru" , tiba-tiba suara dari sebelah membuyarkan konsentrasiku.

"hehe..ada kok,cuma sekarang seringnya kuliah-pulang kuliah-pulang", hooh ternyata di sebelahku ada dua orang teteh-teteh yang sedang berbincang. ulangi lagi ah berdoanya..
bismillahirahmanirahim...

teteh1: "oia katanya suami kamu hafidz ya? lulusan kairo?"
teteh2: "iya alhamdulillah, dia baru aja lulus tahun lalu.."
teteh1: "wah subhanallah..beruntung banget ya kamu"
teteh2: "iya sih, tapi awalnya sempet minder sih. Dia kan hapal 1 al Qur'an, lah saya, 1 juz aja masih harus banyak diulang biar ga lupa"
teteh1: "hoo..terus-terus?"
teteh2: "ya gitu..walaupun awalnya sempet minder tapi suamiku itu selalu menghibur dan memotivasi. Dia bilang, ga masalah ga banyak hapalan, asalkan hapalan ummi diamalkan walaupun hanya dua atau tiga ayat itu sudah sangat luar biasa"
teteh1: "wahh..masyaAllah..so sweet.."
teteh2: "ya gitu deh..hehe..terus pernah juga waktu itu aku ga sadar nyanyi-nyanyi lagu barat dan ternyata suamiku ngedenger. Haduh awalnya udah takut dimarahin atau diceramahin, eh taunya dia malah bilang, wahh..subhanallah istriku sayang ternyata suaranya merdu banget ya. Pantesan waktu tilawah juga merduuu banget. Abi jadi terngiang-ngiang terus sama suara tilawah ummi.."
teteh1:"hoo..so sweet"
teteh2: "Alhamdulillah..aku emang harus banyak bersyukur. Awalnya juga aku kaget, ga salah nih dia ngelamar aku? Padahal kayaknya langit dan bumi gitu deh kalo untuk urusan agama.Ya tapi namanya jodoh..dan dari situ aku juga makin nyadar.Alhamdulillah, ga bisa berhenti bersyukur sama Allah, suamiku..penikahan ini..dan semua karunia yang sekarang aku nikmati sama sekali bukan karena kelebihan atau kehebatan aku, tapi semata karena kasih sayang Allah.."
teteh1:"iya..bener banget"
teteh2: "eh,aku harus pergi dulu nih,ternyata suamiku udah ngejemput.." ,dan akhirnya mereka beranjak pergi.

wah..kok jadi nguping?
astaghfirullah..ga maksud gitu
orang jaraknya ga nyampe 30cm..ya iyalah kedengeran

tapi alhamdulillah dapet hikmah dan inspirasi

ya..dengan memahami bahwa semua berasal dari Allah, semua adalah karunia-Nya
tak kan lagi tersisa ruang untuk sombong dan jumawa
tak akan lagi berbangga akan kemampuan diri semata

dengan memaknai bahwa semua adalah karunia dari Allah dan Allah Maha Berkehendak tentang pada siapa dan bagaimana karunia itu diberikan
tak akan lagi terbesit rasa putus asa
tak akan lelah untuk senantiasa berikhtiar dan berdoa

tak terjatuh dari tebing tinggi hati namun tak pula tenggelam dalam gelombang rendah diri

Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.(Al Isra:37)

Dan apabila Kami berikan kesenangan kepada manusia niscaya berpalinglah dia dan membelakang dengan sikap yang sombong; dan apabila dia ditimpa kesusahan niscaya dia berputus asa.
QS. al-Isra’ (17) : 83

wallahua'alam bishowab

3 comments:

  1. lintang itu pasti yang jual susu depan salman ya? emang garingnya ga ketulungan itu mas2. -.-


    tapi kalau aku sih lebih kepengen aku yang hafalannya lebih banyak hehe :p

    eh ya lin, ini hanoi. aku nge-link blog kamu ke aku yea.

    ReplyDelete
  2. teh, kabar susunya gimana? hehe

    *inspiring :)

    ReplyDelete